Kamis, 24 Januari 2008

Kala jagoan-jagoan kecil beraksi

Kembali bertemu dengan mata-mata mungil dan polos di dalam satu kelas, ketika semua mata-mata mungil itu focus memandang white board, serta tertawa-tawa kecil ketika aku mencoba menggambar salah satu benda agar mereka mudah mengingatnya dalam bahasa asing, ada rasa gembira menelusup di hati. Tingkah laku mereka selalu membuat aku tertawa kecil ketika mengingatnya di hari lain. Kepolosan mereka itu yang membuatku selalu merasa muda, dan selalu merasa berguna dan penuh tanggung jawab sebagai seorang pembimbing yang mentransfer ilmu. Dimana aku harus bisa memberi tahu moral-moral dasar sebagai manusia.

Setiap orang punya tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, disini kegiatan mengajar bukan sebagai profesi, namun tugas sebagai manusia untuk share ilmu yang kita miliki, mengaktualisasikan diri dan menjadikan pengetahuan yang kita miliki berguna untuk orang lain. Itu kepuasan yang tidak terbayarkan oleh apa pun kurasa.
Saat jagoan-jagoan mungilku itu bisa mengaplikasikan apa yang telah kusampaikan dan mengerti maknanya, itu ukuran kesuksesan aku telah memberi sesuatu terhadap orang lain. Sekali lagi di siang panas di dalam ruangan ber kipas angin itu mereka tetap bersemangat, ada saja celoteh-celoteh polos dan pertanyaan-pertanyaan lucu terlontar dari mulut mereka.

Tidak akan pernah bosan untuk bisa melihat tawa-tawa riang mereka di dalam kelas, dan jerit semangat saat mereka sukses beraksi dengan games-games yang kuberikan. Jagoan-jagoan kecil beraksi…..suara lari langkah para jagoan mungil terdengar jelas dari pintu masuk dan para jagoan kecil bersama-sama berteriak memanggil namaku kemudian diiringi pertanyaan “hari ini games-nya apa miss?”. “Hari ini miss akan baca cerita dan kita bermain ular tangga yah!” ada nada protes dari salah satu anak, “ah main balok uno aja miss!”…oke asal kalian tidak terlalu ribut dan bisa jawab pertanyaan-pertanyaan miss jawabku….”asik asal jangan susah-susah yah miss”.aku me njawab dengan senyum dan anggukan…..hari itu menjadi hari yang bermakna dan membuatku lebih bersemangat, karena aku melihat semangat di mata mereka dan ada tawa derai mengisi telingaku. Terkadang kita melupakan hal-hal dasar yang seperti anak-anak pikirkan, terkadang kita lupa caranya untuk tertawa seperti mereka…..kala jagoan-jagoan beraksi, aku yang terkadang kewalahan menangani masih tetap bisa tersenyum .

Biene_maja
Dienstag, 22.01.2008

Tidak ada komentar: