Rabu, 12 Maret 2008

Lagi-lagi Terlambat

Hari ini murid-murid saya sajikan materi tentang warna dan bentuk, murid-murid saya ini aktif dan cerdas-cerdas, betapa murid-murid idaman. Kelas yang aktif dan murid-murid yang kritis adalah salah satu kriteria kelas kondusif. Namun setiap siswa memiliki karakter masing-masing dan daya tangkap yang berbeda, hal tersebut menjadi tantangan bagi seorang guru sebagai fasilitator, bagaimana membuat mereka paham, mengerti dan bisa mengaplikasikan materi.

Bukan jamannya lagi murid terus disuapi guru, peran saya hari ini menyajikan satu tema dan membimbing mereka agar murid-murid bisa mengekplorasi ilmu dengan semangat. Yah guru juga manusia, dan di Kelas ini saya juga mendapat cobaan dengan seorang murid yang selalu terlambat dan hiperaktif luar biasa, walhasil terkadang cukup mengganggu sinergi di Kelas. Padahal dia cukup cerdas, keterlambatan selalu menjadi faktor yang membuat dia sedikit terseret mengikuti materi. Solusinya adalah berbicara diluar jam kelas dengannya. Namun biasa bagi anak-anak usia 7 tahun, setelah jam kelas merupakan jadwal bermainnya, dan pada akhirnya saya harus terlibat game tebak-tebakkan anak-anak SD.

Terkadang kesal juga dengan perilaku salah satu murid saya ini, namun ternyata kesabaran saya membuahkan hasil. Sedikit teguran dengan candaan membuat murid saya ini mulai sedikit awas dan berubah. Pada intinya anak-anak selalu ingin perhatian lebih dari orang dewasa. Namun satu hal keterlambatan dengan berbagai alasan selalu ada saja.....siang hari saat belajar mengajar sudah hampir setengahnya berlalu, pintu kelas tiba-tiba terbuka lebar, muncul murid badung saya itu dengan seringai lebar dan mata nakalnya menyapa dengan lantang " Good afternoon, teacher!!! ", saya pertama menarik nafas hela akan hadirnya dia "ck..ck..ck come late again?" dan murid saya hanya tersenyum berikut memberondong saya dengan alasan keterlambatannya. Hmmh namun dia akan selalu menjadi murid yang saya nanti kehadirannya, saya selalu senang melihat kehadiran wajah-wajah lugu dan mata berbinar menatap saya. Tatapan merekalah yang membuat saya selalu cinta untuk kembali ke kelas.

biene_maja

Tidak ada komentar: