Selasa, 31 Desember 2019

Family Gathering Keluarga Kartakusumah -Part 3- end

.::senyum dan keceriaan menghias wajah setiap anggota keluarga adalah salah satu kebahagiaan terbesar::.

- Hari Ketiga-

Hari terakhir di Pangandaran kami sekeluarga harus check out penginapan pukul 12 siang dan bus wisata akan menjemput kami di penginapan pukul 1. Pagi -pagi sebagian besar keluarga menghabiskan waktu main air dan pasir di pantai (termasuk para nenek dan kakek!!). Saya dan suami menyewa sepeda motor untuk berburu oleh-oleh di pagi hari. Di sela -sela keliling Pangandaran mencari Sawo di pasar dan titipan dari para tante kami singgah dengan tidak sengaja di area Pantai Timur.

Di area Pantai Timur begitu tenang dan tidak terlalu banyak pengunjung. Kami mengamati para nelayan yang sedang bekerja sama memanen ikan. Masya Allah melihat prosesnya yang begitu lama, menguras tenaga dan hasil panen ikan tidak seberapa….namun ikan, cumi, kerang, kepiting yang di panen begitu segar berbeda sekali kualitasnya dengan ikan dan hewan laut yang kami lihat di pasar ikan.

Selesai dari berkeliling sekitar pantai timur, berburu oleh-oleh, hingga membeli makan siang untuk seluruh keluarga besar sekitar pukul 11.00, kami kembali ke penginapan dan bersiap packing untuk pulang dan check out. Jam 12 siang kami sekeluarga sudah siap cek out, pamit dengan pemilik penginapan. Bus yang menjemput kami sudah dalam perjalanan dan menginformasikan bahwa area masuk gerbang Pangandaran sangat macet. Ketika kami semua keluar penginapan betapa kagetnya melihat jalanan begitu padat dan macet oleh kendaraan. Sebagian besar mobil dan rombongan bus yang akan menghabiskan waktu akhir tahun baru saja tiba. Kami sangat beruntung sudah menikmati pantai Pangandaran saat suasana tidak begitu ramai.

Perjalanan dari Banjar menggunakan bus sewa untuk sekeluarga besar memakan waktu agak lama karena kondisi yang cukup padat menuju Banjar. Pukul 13.00 bus berangkat dari Pangandaran dan tiba di Banjar pukul 16.00. Masih ada waktu dua jam sebelum kereta berangkat menuju Bandung (18.00). Suasana Banjar yang begitu panas (maklum biasa di Bandung yang adem nyes udaranya) membuat kami mencari area dingin (stasiunnya panas banget) dan menemukan indomaret yang berjarak sekitar 500 meter dari stasiun Banjar berasa seperti menemukan oase di Padang Pasir gersang. Ngadem sekitar setengah jam dan makan es krim di Indomaret jadi pilihan beberapa orang dari kami (para keponakan, mahmud dan pahmud).

Kami semua tiba di Bandung pukul 11.00 malam langsung seluruh keluarga berpisah di stasiun kereta dan kembali ke rumah masing masing ( Pajajaran, Holis, Mengger, Antapani, Cimahi, Rancaekek, Bintaro, Depok ). Alhamdulillah Family Gathering penutup tahun 2019 berjalan lancar, seluruh keluarga sehat selamat sampai rumah masing-masing. Semoga Allah SWT selalu melindungi, melimpahi berkah, nikmat sehat, nikmat untuk terus silaturahmi dan kompak selalu kepada seluruh keluarga besar Kartakusumah.

Having somewhere to go is home
Having someone to love is Family
Having both is a blessing