Selasa, 31 Desember 2019

Family Gathering Keluarga Kartakusumah -part 1-



.::Sejauh apapun kamu pergi, keluarga adalah tempat kamu pulang::.

Saya akan mengabadikan kisah perjalanan “Family Gathering” keluarga besar yang dilaksanakan di penghujung tahun 27- 29 Desember 2019.  
   
Ide untuk acara liburan bareng keluarga besar saya muncul berawal dari obrolan ringan saat kegiatan silaturahmi bulanan keluarga alias arisan. Keluarga dari pihak mama saya merupakan keluarga yang sangat besar. Mama sendiri merupakan 8 bersaudara jadi bisa dibayangkan om-tante-sepupu-keponakan betapa banyaknya setiap acara kumpul keluarga. Sejak almarhum kakek meninggal dunia memang keluarga mama rutin untuk kumpul sebulan sekali menjalin silaturahmi.

Terlontar akhirnya butuh vitamin sea alias liburan ke pantai. Seluruh keluarga besar tidak mau menyetir kendaraan sendiri karena di khwatirkan musim liburan macet. Akhirnya seluruh keluarga sepakat untuk mencoba transportasi umum kereta Bandung - Banjar dan dilanjutkan moda transportasi bus menuju Pangandaran.

Tim panitia (sepupu, om, tante) akhirnya mengurus booking tiket kereta, sewa bus dan sewa Cottage untuk sekitar 42 orang (ini belum semua ikut!! sebagian tidak bisa ikut karena tidak dapat cuti dari kantor).

-Hari Pertama-

Meeting point dilakukan di stasiun Bandung dan betapa hebohnya rombongan kami yang terdiri dari rentang usia 3 - 73 tahun. Setengah gerbong kereta pun diisi oleh keluarga kami.  Ternyata pelayanan fasilitas kereta menuju Banjar ini sangat baik. Dengan harga tiket per orang hanya Rp 50.000 fasilitasnya sudah premium. So it is worth it!! anak- anak sampai kakek nenek happy. Perjalanan Kereta pagi menghabiskan waktu sekitar 4 jam kami berangkat pukul 09.15 tiba di banjar pukul 13.30 .


Dari stasiun Banjar kami sudah menyewa dari jauh hari satu bus pariwisata (link dari teman om saya yang punya bisnis bus di pangandaran). Pertama kali tiba di kota Banjar kesan saya kota tersebut begitu sepi. Area stasiun kereta begitu ramai karena in out penumpang kereta turun menuju Pangandaran atau dari Pangandaran menuju Jakarta ataupun Bandung. Perjalanan Banjar - Pangandaran sendiri menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Kami sekeluarga besar tiba di Pangandaran pukul 4 sore. Kami semua check in di penginapan - mukbang alias makan siang yang tertunda - lanjut foto foto main di pantai sampai menjelang magrib.






Malam hari sebagian besar keluarga mencoba “odong-odong” full music penuh lampu yang harus di kayuh bersama (sepanjang pantai Barat Pangadaran banyak penyewaan odong-odong). Saya sendiri dan suami karena tertinggal rombongan akhirnya memutuskan untuk menyusul dengan menyewa sepeda tandem. Pelajaran yang kami ambil dari odong2 dan sepeda tandem ini……team work!! melelahkan!! kram kaki!! pegal kaki!! namun seru!!! kami menuju air mancur warna yang baru diresmikan di tahun 2019. Pulang ke penginapan semua berpeluh keringat namun penuh tawa. 


(bersambung ke -part 2-)


Biene_maja
Meine Zimmer

31.12.2019

Tidak ada komentar: